Rabu, 26 Februari 2014

Seleksi Calon Bibit Itik Petelur

Salah satu kunci keberhasilan usaha peternakan itik adalah kualitas bibit yang baik. Untuk dapat meningkatkan produksi telur dan pertumbuhan itik yang baik, maka diutamakan melalui pemilihan calon bibit. Berikut ini ciri-ciri/indikator untuk memilih bibit, khususnya untuk itik unggulan di Jawa Tengah, yakni Itik Magelang dan Itik Tegal.



1.Itik Magelang
Terdapat sembilan jenis Itik Magelang, meliputi Kalung, Jawa, Bosokan, Jarakan, Pelikan, Putihan, Gambiran, Wiroko, Irengan, namun yang dominan terdapat di lapangan adalah Itik Kalung. Beberapa sentra pengembangan Itik Magelang di Jawa Tengah adalah di wilayah kabupaten Magelang, Temanggung, Semarang, Boyolali, Klaten dan sekitarnya. Itik Magelang mempunyai ciri spesifik sebagai berikut. Postur tubuh Itik Magelang relatif lebih besar dibandingkan jenis itik lainnya di Indonesia. Terdapat bulu putih yang melingkar sempurna di sekitar leher setebal 1 - 2 cm berbentuk seperti kalung, sehingga Itik Magelang dikenal dengan nama Itik Kalung. Warna bulu dada, punggung, dan paha didominasi oleh cokelat tua dan muda, dengan ujung sayap putih. Warna kaki hitam kecokelatan. Paruh berwarna hitam. Ternak itik jantan mempunyai warna lebih gelap dibandingkan ternak betina.
  Itik Magelang Betina Itik Magelang Jantan

2.  Itik Tegal
Itik Tegal banyak diusahakan di sepanjang pantai utara Jawa Tengah, seperti Kabupaten Brebes, Tegal, Pemalang, dan Pekalongan. Terdapat sembilan jenis Itik Tegal, yakni Branjangan, Lemahan, Jarakan, Putihan, Jalen, Blorang, Jambul, Pudak, dan Irengan, namun yang paling banyak di peternak adalah jenis Branjangan. Itik Tegal adalah itik Indian Runner dari jenis Itik Jawa (Anas javanivus) memiliki ciri-ciri sebagai berikut. Bentuk badan langsing dengan postur tegak lurus menyerupai botol. Warna bulu merah tua bertotol coklat (branjangan). Paruh panjang dan lebar. Warna kaki hitam. Bentuk kepala kecil dengan mata merah. Ternak itik jantan mempunyai warna yang lebih gelap dibandingkan dengan yang betina.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar