Rabu, 28 Mei 2014

POHON TERTUA YANG ADA DI DESA SITEMU




POHON TERTUA YANG ADA DI DESA SITEMU
Pohon ini namanya pohon GAMPRIT (pohon langka) yang usianya sekitar ratusan tahun menurut juru kunci makam desa sitemu. karena pohon ini letaknya di area makam desa Sitemu yang letaknya di sebelah barat makam mbah penanggohan. pohon GAMPRIT ini dulunya besar sekali, berhubung usianya sudah tua maka ranting2 pohonnya pun sudah mulai berkurang karena patah (bahasa jawane = sempal). pohon ini tepat di tengah2nya sudah berlubang sampai atas pohon karena di bakar. namun karena kokohnya pohon ini maka sampai sekarang masih bertahan.
pengin lihat pohonnya silahkan cek ke TKP.

6 komentar:

  1. Assalamu'alaikum, mau tanya. nama lain pohon gamprit apa ya? kebetulan nama kampung saya gamprit, saya cari di google ketemunya cuman blog ini aja

    BalasHapus
  2. Dikampungku juga ada pohon gamprit dihutan samping makam leluhur...
    Desa kalisalak kec margasari kab Tegal

    BalasHapus
  3. Dikampungku juga ada pohon gamprit dihutan samping makam leluhur...
    Desa kalisalak kec margasari kab Tegal

    BalasHapus
  4. Jadi ingat masa kecil..sering ke makam desa sitemu nyari buah gamprit yg rasanya asem manis. Bawa plastik kresek brgkali dpt banyak. Didusun karangwuluh juga ada, dibelakang rumah mbah saya. Klo musim hujan biasanya pda jatuh. Anak2 kecil spt sy suka sekali dibawah pohon ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. namun sekarang pohon gamprit yang ada di pemakaman desa sitemu sudah punah karena usia, dan ada pohon gamprit lagi disebelah selatannya pohon gamprit yang dulu, namun masih kecil.

      Hapus
  5. Hmmmmm.....kenangan ku di tahun 70an ini rupanya.
    Dulu sekitaran thn 70an ada TPU orang desaku nyebutinnya kuburan gamprit,Pakujati,kab.Brebes karena ditengah-tengah lahan TPU tsb ada pohon gamprit yg rimbun laksana pohon beringin yg sering kita lihat.
    Tapi sampai hari ini gk terlihat atau terdengar muncul anakan atau generasinya pohon tsb.

    BalasHapus